Selasa, 15 Oktober 2013

BAB 2 BAGIAN 2



Universality
           
            Dalam mempelajari perbedaan manusia diruang dan waktu, antropologis membedakan diantara yang universal, yang umum dan yang khusus. Beberapa ciri biologis, psikologis, social, dan fitur budaya adalah universal dan ada pada setiap kebudayaan yang lainnya biasanya, adalah hal yang umum, ada pada beberapa kelompok tapi tidak semua kelompok mempunyainya dan cirri lainnya adalah cirri khusus, yaitu keunikan dibudaya, dan tradisinya. Ciri – cirri universal salah satu yang membedakan homo sapiens dari spesies lain.Ciri universal berdasarkan biologi termasuk periode panjang masa pertumbuhan, setahun penuh dan otak yang kompleks memungkinkan kita untuk menggunakan simbol bahasa, dan alat. Psikologi universal adalah berperan dalam bagaimana manusia berpikir, merasakan dan memproses informasi. Beberapa cirri universal merefleksikan cirri biologis universal seperti contohnya struktur otak manusia atau beberapa perbedaan antara perempuan dan pria diantara social universal adalah kehidupan didalam kelompok dan keluargadan berbagi makanan pada yang lain adalah universal.  Diantara budaya universal yang plaing signifikan adalah axogami dan incest semua budaya berpikir bahwa ada pasangan yang terlalu dekat jaraknya hubungan garis kekeluargaan untuk menikah. Pelanggaran dari hal tersebut disebut incest, dimana mereka akan dihukum dengan cara yang berbeda – beda tergantung dari adat istiadatnya. Jika incest dilarang perkawinan diluar suatu kelompok akan memungkinkan dan hal itu yang menyatukan suatu kelompok menjadi kelompok yang lebih besar, eksogami telah sangat berperan besar dalam evolusi manusia.
Generality

            Diantara universal dan keunikan, ada generality yang berisi tentang kesamaan budaya. Itu adalah kesamaan yang berada pada waktu dengan tempat yang berbeda tetapi tidak semua budaya. Peradaban bisa saja percaya dan satu kepercayaan dan kebiasaan karena merupakan bawaan atau dalam leluhur yang sama. Contohnya seperti bahasa inggris yang digunakan oleh Australia dan Amerika. Persamaan budaya juga bisa didapatkan lewat penemuan independen, contohnya seperti budaya bertani di timur tengah dimana Meksiko kebutuhan yang sama menurut manusia didaratan berbeda untuk berinovasi. Mereka sama – sama mempunyai solusi budaya dipermasalahan yang umum.

Particularity (Pola Budaya)
            Ciri khas kebudayaan adalah cirri atau fitur yang tidak umum dan terseba, bisa disuatu tempat, tradisi, ataupun peradaban. Contohnya seperti perbedaan makanan khas disetiap daerah.


Culture and the individual: agency and practice
Sistem dalam kehidupan manusia bisa merujuk keberbagai hal termasuk budaya, masyarakat, hubungan sosial dan strukturnya. Umat manusia selalu membuat dan mengkonstitusikan sistemnya. Tapi dalam kehidupannya bersama sistem tersebut manusia bisa menjadi terpaksa oleh peraturannya sendiri dan oleh kelakuan orang lain. Aturan adat memberikan pedoman bagaimana melakukan segala halnya. Tetapi manusia tidak selalu melakukan apa yang peraturan katakan. Manusia menggunakan budayanya secara aktif dan kreatif, tidak secara buta mengikuti peraturan seperti robot. Manusia mengartikan dan mengaplikasikan peraturan yang sama dengan cara yang berbeda. Budaya juga merupakan sebuah kontes, berbagai kebudayaan bersaing dalam budayanya untuk membuktikan budaya mana yang dapat bertahan. Agensi adalah segala hal yang individu lakukan baik dalam perorangan ataupun grup. Practices theory menjelaskan bahwa individu didalam masyarakat atau budaya mempunyai motif, kekuatan, dan pengaruh yang berbeda beda.
Levels of culture
National culture adalah budaya yang dianut dan dipercayai oleh warga dari suatu negara yang sama. International culture adalah suatu budaya yang berkembang melebihi dan melewati batas batas negara. Subculture adalah perbedaan budaya yang terdapat pada suatu grup didalam masyarakat kompleks yang sama.
Ethnocentrism, cultural relativism, and human rights
Etnosentrisme adalah suatu sifat yang melihat suatu kebudayaan yang lain melalui kacamata kebudayaan sendiri dan mengganggap kebudayaannyalah yang paling superior. Relatifme budaya adalah suatu metode yang digunakan untuk melihat budaya lain secara menyeluruh dengan cara mengerti bagaimana mereka berpikir, apa yang membuat mereka berpikir seperti itu, dan apa yang mendorong mereka berpikir seperti itu agar kita dapat menghargai suatu kebudayaan tersebut dan menghindari kita dari kesalahpahaman dan etnosentrisme. Hak manusia adalah suatu kelakuan yang didasari oleh kebenaran dan moral. Hak kebudayaan adalah hak yang terdapat pada suatu kelompok, termasuk kelompok minoritas. Hak kebudayaan termasuk kemampuan kelompok untuk membesarkan anaknya dengan  cara yang sudah mereka anut sebelumnya, seperti melanjutkan bahasa mereka.
Mekanisme Perubahan Budaya
Salah satu cara perubahan budaya adalah dengan adanya difusi dan akulturasi. Difusi adalah membawa atau pertukaran budaya antara kebudayaan satu dengan yang lainnya. Difusi terbagi menjadi dua, yaitu difusi langsung dan difusi tidak langsung.
Difusi langsung melibatkan dua kebudayaan secara langsung bertemu seperti perdagangan, pernikahan dan perang. Difusi bisa terjadi ketika salah satu kebudayaan mendominasi kebudayaan yang lainnya.
Difusi tidak langsung adalah ketika suatu kebudayaan berpindah dari kelompok A ke kelompok C melalui kelompok B tanpa adanya kontak langsung antara kelompok A dengan kelompok C.
Akulturasi, cara kedua dalam perubahan budaya adalah bercampurnya dua kebudayaan yang berbeda sehingga membentuk kebudayaan baru namun tanpa menghilangkan unsur dari kebudayaan aslinya.
Globalisasi
Globalisasi diambil dari kata global (universal/mendunia). Globalisasi berarti proses mendunia. Istilah globalisasi mencakup berbagai macam proses, meliputi, difusi dan akulturasi, yang bekerja untuk memajukkan perubahan di dunia dimana dunia dan masyarakat didalamnya dapat berhubungan satu sama lain dan menjadi bergantungan. Globalisasi memengaruhi berbagai bidang seperti perdagangan internasional, pariwisata, migrasi antarnegara, media, dan teknologi. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar